Arisan Emas Pegadaian

PT Pegadaian (Persero) menyebut program arisan emas yang baru diluncurkan November lalu memberikan keuntungan bagi nasabah atau kelompok.
Mulai dari uang muka ringan sampai keamanan berinvestasi si kuning di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini.
Direktur Bisnis II Pegadaian, Dijono mengungkapkan, perusahaan menawarkan uang muka (down payment/DP) sangat ringan bagi nasabah atau kelompok yang mengikuti arisan emas dibanding individu atau penjualan emas perorangan secara angsuran.
“Benefitnya kami beri DP lebih ringan dari individu. Kalau individu harus bayar DP 20 persen, sedangkan komunitas yang ikut arisan cuma 10 persen dan 15 persen,” ucap dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, seperti dikutip Jumat (16/1/2015).
Dia menjelaskan, uang muka minimal yang harus disetor masing-masing anggota kelompok arisan sebesar 10 persen dan 15 persen dari berat emas yang menjadi komoditi arisan.
Sedangkan penyerahan atau pengambilan logam mulia untuk uang muka 10 persen, baru bisa dimulai setelah angsuran ke-2, dan dimulai setelah angsuran ke-1 untuk uang muka 15 persen.
“Jadi misalnya kelompok ikut arisan emas dengan berat 1 gram per bulan, maka uang muka yang dibayarkan bisa 10 persen dan 15 persen. Itu sudah diitung dari harga pokok, marjin pegadaian, biaya administrasi,” terang Dijono.
Manfaat lain, dia memastikan bahwa investasi emas dengan cara arisan berkelompok ini sangat aman bagi nasabah. Sebab ada penanggungjawab yang akan mengumpulkan uang di masing-masing kelompok arisan.
“Arisan ini barangnya jelas ada, karena saat nasabah mengikuti arisan, bayar uang muka atau order logam mulia, maka saat itu juga kami memesan emas pula. Sementara untuk pelayanan antara kelompok arisan dan individu sama saja,” tuturnya.
Dijono berharap, Pegadaian dapat meningkatkan literasi dan pemahaman masyarakat terhadap investasi emas, selain menabung. Pasalnya membenamkan modal pada portofolio investasi emas dinilainya masih sangat menjanjikan ke depan. (Fik/Nrm)
sumber : http://bisnis.liputan6.com/read/2161773/ini-untungnya-ikut-arisan-emas-pegadaian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *